Ide Konten TikTok untuk Bisnis

Sejak beberapa waktu ke belakang, TikTok mulai merajai ranah media sosial dengan modal konsep bermedia sosial yang baru sehingga berhasil mendapatkan hingga 800 juta pengguna aktif setiap bulannya, berdasarkan Hootsuite. Jumlah pengguna aktif ini bahkan mengalahkan media sosial populer lainnya seperti Twitter, Pinterest, sampai Snapchat.

Banyaknya pengguna TikTok lantas membuat tools dan situs web TikTok downloader juga semakin banyak bermunculan. Hal ini tentunya membawa sebuah perubahan terhadap dunia digital marketing. Yang mana TikTok membuka sebuah peluang baru sebagai kanal marketing dan bisa meningkatkan peluang bagi bisnis Anda. Oleh karena itulah, mulailah juga untuk membuat akun TikTok dan mempromosikan bisnis dan produk Anda di situ.

Akan tetapi, Anda mungkin kebingungan, ide dan jenis konten seperti apa yang harus dibuat? Tenang saja, karena pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan 10 ide konten TikTok untuk bisnis online Anda agar lebih maksimal dan kemungkinan masuk FYP (For Your Page)! Apa sajakah itu? Berikut daftarnya!

10 Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis

  1. Hashtag Challenge
  2. Education
  3. Tutorial
  4. Behind The Scene
  5. Life Hacks atau DIY
  6. Product Launching
  7. Story Telling
  8. Testimonial
  9. Packaging and Shipping
  10. Announcement

1. Hashtag Challenge

Cobalah untuk mencari tagar #TokopediaHaul di pencarian TikTok. Apa yang muncul? Ya, lebih dari 1 miliar hasil konten tentang belanja barang di toko hijau. Ini merupakan salah satu contoh nyata hasil ide konten challenge dengan hashtag. Bayangkan jika perusahaan Anda juga berhasil melakukan strategi marketing yang sama. Seberapa banyak keuntungan yang bisa dihasilkan?

Baik, mari kita kesampingkan dulu soal itu dan kembali berbicara ide konten. Sebenarnya apa sih konten dari hashtag ini?

#TokopediaHaul merupakan ide konten TikTok yang bertemakan challenge atau tantangan untuk berbelanja di toko tersebut. Sementara ide konten hashtag challenge itu sendiri adalah tantangan untuk mengajak orang-orang melakukan sesuatu dengan menyisipkan hashtag/tagar (#) tertentu pada kontennya.

Bisa dibilang ini merupakan ide konten dan strategi marketing TikTok yang paling difavoritkan oleh perusahaan. Karena dengan cara ini, maka perusahaan akan mendapatkan banyak User Generated Content atau konten yang dibuat oleh pengguna dan bisa mempromosikan produk secara tidak langsung.

Yang mana artinya promosi bisnis bisa berjalan dengan sendirinya secara masif dengan perusahaan tidak perlu membuat konten sendiri.

Tertarik mencoba ide konten pertama ini?

2. Education

Konten video bertemakan edukasi atau pembelajaran kini mulai banyak digemari orang-orang di TikTok. Hal ini dikarenakan konten tersebut sangat cocok dipadukan dengan konsep video TikTok yang berdurasi singkat. Jadi, dengan menonton video singkat, orang bisa mendapatkan sebuah pengetahuan dan wawasan baru.

Maka dari itu, ide konten edukasi ini juga bisa digunakan untuk promosi bisnis. Buatlah konten video edukasi yang terkait dengan bidang bisnis Anda. Manfaatkan segala fitur TIkTok yang ada dan buat konten edukasi yang menarik, misalnya video listicle, tanya jawab (FAQ), atau cerita pendek.

3. Tutorial

Tidak jarang ada orang yang ingin membeli sebuah produk, tapi bingung dalam menggunakannya. Oleh karena itulah, banyak orang yang mencari konten tutorial. Anda bisa lihat dan buktikan sendiri, ada berapa banyak konten tutorial di TikTok.

Tentunya Anda juga harus menyesuaikan tutorial yang dibuat dengan jenis produk atau jasa yang Anda tawarkan. Misalnya, jika bisnis Anda bergerak dalam bidang fashion, cobalah buat konten tutorial mix & match berpakaian, atau jika bisnis Anda bergerak dalam bidang kosmetik, maka buatlah tutorial make-up dan sejenisnya.

4. Behind The Scene

Seiring berkembangnya zaman, ketertarikan dan minat orang juga berkembang. Kini, mereka tidak lagi masa bodoh dengan proses dan apa yang terjadi di balik apa yang mereka konsumsi. Orang-orang mulai penasaran dan ingin tahu dengan proses di balik barang atau produk yang mereka gunakan.

Oleh sebab itu, cobalah buka “pintu dapur” Anda sedikit dan ajak calon pelanggan untuk melihat. Tunjukkan bahwa Anda menggunakan bahan dan sumber daya dengan kualitas terbaik dan diproses dengan cara yang terbaik juga.

Ide konten behind the scene ini juga cocok untuk semua lini bisnis, lho! Mulai dari wedding organizer, pakaian, sepatu, hingga jasa fotograi dan videografi. So, pastinya Anda juga bisa merancang ide ini dan menerapkannya pada bisnis Anda.

5. Life Hacks atau DIY

Orang-orang tentunya suka dengan segala hal yang berbau “jalan pintas” atau “instan”. Hal ini lantas membuat konten life hacks menjadi favorit baru bagi orang-orang tersebut. Selain life hacks, konten DIY juga bisa menjadi pilihan.

Apabila konten life hacks atau DIY yang Anda buat dengan melibatkan bisnis Anda bisa menyelesaikan masalah sekelompok orang, maka bukan tidak mungkin konten Anda tersebut akan mendapatkan banyak likes dalam sekejap dan followers Anda juga akan meningkat pesat!

Cobalah untuk konsisten jika Anda memutuskan memilih ide konten TikTok untuk promosi bisnis satu ini.

6. Product Launching

Tren mempublikasikan spoiler produk sebelum tanggal peluncurannya mulai populer sejak beberapa tahun ke belakang. Banyak perusahaan besar yang sudah melakukan cara ini secara rutin, sebut saja sekelas iPhone dan Samsung dalam mempromosikan produk baru mereka.

Anda juga bisa melakukan hal yang sama di TikTok. Sebelum tanggal perilisan produk tiba, buatlah orang-orang menjadi penasaran. Bangun rasa ketertarikan mereka. Postinglah spoiler produk baru Anda tersebut.

Kemudian di tanggal perilisan, posting juga konten perilisan produk secara resmi. Hal ini bisa menarik perhatian orang-orang. Anda juga bisa mengungkapkan hal lain seperti alasan di balik pembuatan produk tersebut demi bisa meraih lebih banyak atensi. Ide konten ini mungkin akan lebih maksimal jika dilakukan oleh perusahaan dengan brand yang sudah besar. Tapi, Anda yang baru merintis juga patut mencobanya!

7. Story Telling

Ide konten TikTok untuk bisnis berikutnya yang layak Anda coba adalah story telling. Anda mungkin sudah sering menemukan jenis konten serupa di YouTube. Namun, Anda juga bisa mencobanya di TikTok demi bisa menarik perhatian followers.

Yang perlu diperhatikan adalah, pastikan Anda membuatnya menjadi lebih singkat dan cepat, tetapi tetap mudah dipahami. Hal ini mengingat bahwa panjang durasi konten di TikTok lebih pendek daripada YouTube.

Buatlah konten video story telling yang menarik dan bisa membangun chemistry dengan para followers. Niscaya bisnis Anda bisa lebih berkembang lagi.

8. Testimonial

Mirip-mirip dengan ide konten TikTok promosi bisnis hashtag challenge sebelumnya, ide konten testimonial juga memanfaatkan UGC (User Generated Content). Sementara itu, cara membuat konten ini adalah dengan mengumpulkan setiap testimoni dari pelanggan Anda, lalu kemas menjadi sebuah video testimonial yang menarik.

Anda juga bisa mencoba menampilkan testimoni dengan melakukan stitch atau duet dengan beberapa pelanggan. Selain bisa digunakan untuk promosi bisnis, ide konten ini juga akan membuat pelanggan Anda merasa dihargai dan diapresiasi sehingga bisa meningkatkan loyalitas mereka terhadap bisnis Anda.

9. Packaging and Shipping

Ide konten TikTok untuk bisnis berikutnya cocok sekali bagi Anda yang memiliki bisnis online. Dari sudut pandang pelanggan, biasanya mereka selalu memikirkan apakah pesanannya sudah dikirimkan atau belum, sampai mana kah pesanan mereka, atau malah masih dalam tahap packaging.

Nah ini merupakan sebuah kesempatan bagi Anda sebagai seorang pengusaha. Tunjukkanlah proses packaging orderan dari pelanggan Anda dengan kemasan yang menarik. Tak lupa, perlihatkan juga barisan paket yang siap diberangkatkan di belakangnya.

Konten ini akan menjawab rasa penasaran pelanggan dan akan ada rasa kepuasan tersendiri bagi mereka ketika melihat bagaimana cara Anda memperlakukan pesanan mereka. Rasa percaya mereka terhadap bisnis Anda juga akan semakin terbangun.

10. Announcement

Dan ide konten video TikTok yang terakhir adalah announcement atau pengumuman. Announcement bisa berupa pengumuman tentang apapun terkait bisnis Anda! Bisa berupa update produk terbaru, perubahan alamat toko atau website, maupun berita penting yang lain.

Anda juga bisa membuat sebuah announcement yang unik dan berpotensi viral. Mainkan teknik dan strategi marketing seperti teknik copy writing dan lain-lain supaya bisa menghasilkan konten announcement yang bisa viral dan menarik perhatian calon pelanggan baru.

Demikian beberapa pilihan ide konten TikTok yang bisa Anda rancang untuk bisnis Anda. Silakan sesuaikan kembali dengan lini bisnis dan strategi marketing Anda. Bagaimana pun, jangan lewatkan kesempatan marketing baru dari TikTok ini.

Punya ide konten TikTok untuk bisnis lainnya? Beritahu kami melalui kolom komentar!