7 Rekomendasi Wisata Terbaik di Indonesia yang Mendunia

Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata yang memukau. Rasanya akan sulit memilih mana yang terbaik dari semua tempat wisata di tanah air ini. Namun, mengunjungi semua tempat pun sepertinya juga tidak mungkin, apalagi jika waktu untuk berlibur hanya sebentar.

Nah, untuk memudahkan kamu memilih destinasi liburan, kami telah merangkumkan tujuh tempat wisata yang bisa dikunjungi. Penasaran? Berikut 7 rekomendasi tempat wisata terbaik di Indonesia:

1. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Wisata Indonesia Candi Borobudur Jawa Tengah
Candi Borobudur, Jawa Tengah (foto: instagram.com/ancient_iran_and_world/)
LokasiJl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.30-16.30
Harga tiket masuk (HTM)Umum (10 tahun ke atas): Rp50.000/orang
Anak-anak (3-10 tahun): Rp25.000/orang
Rombongan pelajar: Rp20.000
Rating objek wisata4,7/5.0 – 86.742 ulasan Google

Siapa yang tidak familier dengan objek wisata satu ini? Ya, tempat yang merupakan candi Buddha terbesar di dunia ini merupakan destinasi wisata sejarah yang sangat populer di kalangan wisatawan. Tak hanya di tanah air saja, nama Borobudur juga sangat populer di mancanegara. Tak heran jika ketika berkunjung ke sini, kamu akan menemukan banyak turis dari berbagai negara.

Candi Borobudur merupakan sebuah puzzle raksasa yang tersusun dari kurang lebih 2 juta balok batu vulkanik. Berbatuan itu kemudian dipahat sedemikian rupa sehingga bisa saling mengunci satu sama lain.

Salah satu yang menjadi daya tarik dari candi ini adalah reliefnya. Setidaknya, candi Borobudur memiliki 2.672 panel relief. Jika panel-panel tersebut disusun bisa mencapai panjang hingga 6 km. UNESCO sendiri sampai memberikan pujian relief Buddha di sini adalah yang terbesar dan paling lengkap di dunia. Dalam hal seni, relief ini sungguh tak tertandingi, setiap adegannya merupakan mahakarya yang utuh.

Kalau ingin mengikuti cerita dari relief ini, kamu harus berjalan searah jarum jam dari pintu timur. Apabila sudah sampai kembali di titik awal, barulah naik ke tingkat berikutnya. Hal ini berulang hingga mencapai puncak candi. Ritual ini dikenal dengan istilah pradaksina.

Karena merupakan situs bersejarah yang dilindungi, pihak pengelola Candi Borobudur membatasi jumlah pengunjung setiap harinya, yaitu hanya 1.200 orang/hari. Jadi harus mendaftar secara online terlebih dulu.

Supaya tidak merusak bagian candi, pengunjung wajib mengenakan alas kaki khusus, yaitu sandal upanat saat naik ke stupa candi. Jadi, tidak bisa memakai sepatu biasa. Tujuan penggunaan sandal upanat adalah untuk meminimalisasi keausan batu tangga.

2. Candi Prambanan, Yogyakarta

Wisata Indonesia Candi Prambanan Yogyakarta
Candi Prambanan, Yogyakarta (foto: instagram.com/virgieghow/)
LokasiJl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.30-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Dewasa: Rp50.000/orang
Anak-anak (3-10 tahun): Rp25.000/orang
Rombongan pelajar: Diskon 50% (minimal 20 orang)
Rating objek wisata4,7/5.0 – 79.099 ulasan Google

Kalau Borobudur adalah candi Buddha, Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Berdasarkan prasasti Siwagrha, Candi Prambanan dibangun pada pertengahan abad ke-9 pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno.

Diperkirakan, terdapat 240 candi besar dan kecil yang ada di kompleks candi ini. Hanya saja, cuma ada 18 candi yang berhasil dipugar dan sisanya masih merupakan tumpukan batu yang berserakan. Pemugaran candi mulai dijalankan secara serius sejak tahun 1930-an dan selesai pada 1953.

Secara umum, Candi Prambanan memiliki tiga candi utama dengan banyak candi pendukung. Candi utama ini diperuntukkan untuk para dewa tertinggi. Ketiga candi tersebut di antaranya adalah Candi Dewa Siwa, Candi Dewa Wisnu, dan Candi Dewa Brahma. Ketiga candi inilah yang biasanya menjadi tujuan utama para wisatawan.

Candi ini dihiasi dengan relief yang menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana. Relief ini bisa dijumpai pada dinding sebelah dalam pagar sepanjang lorong galeri yang mengelilingi candi utama.

Selain melihat megahnya candi, pengunjung juga bisa menyaksikan pertunjukkan Ramayana Ballet. Sendratari ini digelar setiap bulan November sampai dengan April di Gedung Trimurti. Kamu bisa menyaksikannya setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu jam 19.30–21.30.

Salah satu daya tarik dari pagelaran ini adalah digelar di panggung terbuka yang cukup megah dengan ukuran 14 x 50 meter. Panggung ini dibangun menyatu dengan Candi Prambanan sebagai latar belakangnya. Tak hanya itu saja, ketika cuaca sedang cerah, pengunjung juga bisa melihat pemandangan Gunung Merapi.

3. Tanah Lot, Bali

Wisata Indonesia Tanah Lot Bali
Tanah Lot, Bali (foto: instagram.com/ambra_marie/)
LokasiBeraban, Kec. Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00-19.00
Harga tiket masuk (HTM)Dewasa: Rp20.000/orang
Anak-anak: Rp15.000/orang
Rating objek wisata4,6/5.0 – 73.600 ulasan Google

Bali merupakan tujuan wisata dari berbagai kalangan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu yang menjadi destinasi paling banyak dikunjungi adalah pantai. Pantai-pantai di Bali ini memang dikenal memiliki pemandangan dan suasana yang berbeda dari pantai lain di Indonesia. Seperti Tanah Lot ini misalnya.

Tanah Lot merupakan sebuah pura yang lokasinya terletak di atas batu besar yang ada suatu pantai. Tempat ini sangat terkenal di kalangan turis, bahkan banyak yang menganggap sebagai ikon pariwisata Pulau Dewata.

Tanah Lot sebenarnya memiliki pura yang dibangun di dua tempat berbeda. Pura pertama terletak di atas batu besar tadi dan yang satunya terletak di atas tebing yang menjorok ke arah laut. Tebing tersebut berbentuk mirip dengan jembatan dan merupakan penghubung pura dengan daratan.

Ketika sedang pasang, air laut akan menutup area pantai dan membuat pura Tanah Lot tampak berada di tengah lautan. Dari kejauhan, pura ini juga terlihat layaknya sebuah kapal yang terapung di permukaan laut. Kedengarannya sangat cantik sekali, ya? Akan semakin indah lagi jika kamu melihatnya secara langsung.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Tanah Lot adalah menjelang matahari terbenam. Pada waktu ini, kamu bisa menyaksikan secara langsung indahnya matahari yang mulai terbenam di balik pura. Pemandangan seperti ini tentunya tidak bisa kamu dapatkan di tempat lain. Jangan lupa, abadikan peristiwa menakjubkan ini dengan kameramu, ya!

Untuk membuat pengunjung nyaman ketika bertandang ke sini, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas yang cukup memadai, seperti:

  • Tempat parkir luas
  • Toilet
  • Restoran
  • Art shop
  • Penginapan
  • Pusat informasi

4. Dago Dreampark, Jawa Barat

Wisata Indonesia Dago Dreampark Jawa Barat
Dago Dreampark, Jawa Barat (foto: instagram.com/sukmaaugustine/)
LokasiJl. Dago Giri Km. 2.2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, West Bandung Regency, West Java (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 09.00-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Hari biasa: Rp30.000/orang
Hari libur: Rp35.000
Rating objek wisata4,2/5.0 – 17.274 ulasan Google

Sedang mencari tempat hiburan dengan beragam wahana? Dago Dreampark sangat direkomendasikan. Destinasi ini cocok menjadi tujuan berlibur bersama keluarga. Apalagi jika punya anak kecil, mereka pasti senang sekali karena ada beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan.

Wahana yang tersedia di sini tak terhitung banyaknya. Kalau penasaran ada apa aja, bisa simak daftarnya di bawah ini:

  • Row a Boat

Row a Boat adalah aktivitas menyusuri sungai dengan perahu kecil berkapasitas dua hingga tiga orang. Untuk menjalankan perahunya, penumpang perlu mendayungnya. Demi keselamatan, pengunjung akan dibekali dengan pelampung.

  • Sky Bike

Bersepeda mungkin adalah kegiatan yang biasa-biasa saja. Namun, bersepeda di atas ketinggian dan serasa melayang tentunya memiliki sensasi tersendiri, bukan? Nah, di Dago Dreampark, kamu bisa mencoba wahana ini. Saking uniknya, rasanya sudah jadi hal wajib untuk berfoto di atas sepeda melayang ini.

  • Lost in Paradise

Lost in Paradise ini wajib dicoba kalau kamu ingin merasakan keseruan menyusuri berbagai jenis tangga dengan rintangan yang berbeda-beda. Wahana ini juga sudah dilengkapi dengan perosotan, lho. Seru banget, ya, sepertinya.

  • Spot foto

Dago Dreampark punya banyak sekali spot foto yang unik dan berbeda dari lainnya. Salah satu yang paling populer adalah Aladdin Carpet. Dengan berfoto di sini, kamu seolah-olah berada di atas permadani terbang, mirip punya Aladdin.

Ada pula spot foto yang diadaptasi dari film animasi UP, yaitu rumah yang bisa terbang dengan balon. Untuk pasangan, bisa mencoba spot foto Love Seat. Sekilas spot ini kelihatan biasa saja, hanya ada meja dan dua kursi. Namun, background fotonya terlihat menakjubkan dan letaknya sendiri berada di ketinggian.

5. Puncak Mas, Lampung

Wisata Indonesia Puncak Mas Lampung
Puncak Mas, Lampung (foto: instagram.com/tempat_wisata_lampung/)
LokasiH6HH+R98, Jl. PB. Marga, Sukadana Ham, Kec. Tj. Karang Bar., Kota Bandar Lampung, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-23.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000/orang
Rating objek wisata4,4/5.0 – 12.610 ulasan Google

Buat yang berencana berwisata ke Lampung dan mencari destinasi yang cocok untuk berlibur bersama keluarga, cobalah berkunjung ke Puncak Mas. Tempat yang berada di ketinggian ini memiliki taman cantik sebagai area utamanya.

Dari taman ini, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan Bandar Lampung dari ketinggian. Beberapa tempat menarik juga bisa kamu saksikan dari sini, salah satunya adalah Teluk Lampung.

Di sekitar taman terdapat beberapa gazebo. Banyak pula wahana permainan yang bisa dicoba, mulai dari permainan untuk anak-anak hingga dewasa. Wahana yang jadi favorit di tempat ini salah satunya adalah sepeda gantung.

Pemandangan malam hari juga sangat tidak bisa untuk dilewatkan. Saat hari mulai petang, tempat ini seolah berubah menjadi bukit bintang. Pengunjung bisa menyaksikan kerlap-kerlip lampu kota dari ketinggian. Pemandangan langit pun tak kalah menakjubkan. Kalau cuaca sedang cerah, gugusan bintang akan terlihat dengan jelas.

Nah, ada satu hal lain yang unik dari Puncak Mas ini, yaitu adanya dua musala yang terbilang tidak biasa. Musala ini dibangun di pohon durian dengan tinggi 8 meter dan mampu memuat hingga 25 jamaah. Untuk masuk ke musala, sudah disediakan tangga. Alasan kenapa ada dua musala adalah supaya jamaah laki-laki dan perempuan bisa beribadah secara terpisah.

Berbicara tentang taman hiburan, tak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang spot foto. Puncak Mas memiliki berbagai spot untuk berfoto dengan pemandangan yang mengarah langsung ke kota sebagai latar belakangnya.

Kalau ingin duduk-duduk santai sambil mencicipi aneka menu makanan dan minuman, mampir saja ke kafenya. Kafe ini terletak di area terbuka sehingga pengunjung masih tetap bisa menikmati pemandangan yang disuguhkan.

6. Pantai Klayar, Jawa Timur

Wisata Indonesia Pantai Klayar Jawa Timur
Pantai Klayar, Jawa Timur (foto: instagram.com/rifai_zebi/)
LokasiJl. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Kec. Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Dewasa: Rp15.000
Anak-anak: Rp10.000
Rating objek wisata4,6/5.0 – 1.741 ulasan Google

Kota Pacitan memang dikenal sebagai Kota Seribu Gua, tetapi kota ini juga memiliki pantai yang sangat eksotis, salah satunya adalah Pantai Klayar. Pantai selalu menjadi opsi terbaik ketika ingin melepaskan penat. Suara debur ombak dan pemandangan laut mampu menenangkan pikiran dan menghilangkan stres. Nah, kalau berencana berlibur di daerah Jawa Timur, khususnya Pacitan, wajib banget datang ke Pantai Klayar.

Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan hamparan pasir putih dan air laut yang sangat jernih. Yang menjadi daya tarik lainnya adalah pantai ini diapit oleh bukit karang. Di sebelah barat pantai terdapat daratan yang memanjang ke arah laut yang dikenal dengan Tanjung Klayar. Dengan pesonanya ini, tak heran jika Pantai Klayar menempati urutan ketiga sebagai pantai terindah di Indonesia.

Selain menikmati pemandangan, ada beragam aktivitas menarik yang bisa pengunjung lakukan di sini, di antaranya:

  • Bermain pasir

Memiliki pasir pantai yang lembut dan berwarna putih bersih membuat pengunjung tergoda untuk menyentuhnya secara langsung. Anak-anak juga pasti akan sangat suka diajak bermain pasir di sini. Bermain pasir bisa jadi alternatif supaya si kecil tidak mudah bosan saat diajak liburan.

  • Bermain air

Rasanya kurang lengkap jika berlibur ke pantai tetapi tidak bermain air. Namun, karena pantai ini dikenal memiliki ombak yang besar, usahakan tetap bermain di tepian saja, ya. Ada baiknya tidak berenang sampai ke tengah demi keselamatan.

  • Camping

Kalau biasanya kegiatan camping dilakukan di daerah pegunungan, kini tak ada salahnya untuk melakukannya di pantai. Sebelum masuk ke Tanjung Klayar, terdapat area camping yang bisa pengunjung gunakan untuk mendirikan tenda.

Bagaimana? Seru bukan berwisata di Pantai Klayar? Jelas pantai yang cocok untuk pencinta alam!

7. Pantai Kuta Lombok, Nusa Tenggara Barat

Wisata Indonesia Pantai Kuta Lombok Nusa Tenggara Barat
Pantai Kuta Lombok, Nusa Tenggara Barat (foto: instagram.com/arinadillaa/)
LokasiKuta, Kec. Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Rating objek wisata4,5/5.0 – 11.208 ulasan Google

Pantai indah tak hanya ada di Bali saja. Kalau berkesempatan menjelajahi tempat lain, cobalah datang ke Nusa Tenggara Barat dan kunjungi Pantai Kuta yang berada di Kota Lombok. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih bersih yang berpadu dengan air laut yang super jernih.

Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang sehingga terbilang aman untuk mengajak anak-anak bermain ke sini. Di sebelah barat pantai, kamu bisa menemukan sebuah bukit bernama Bukit Mandalika. Tidak heran kalau destinasi ini juga sering disebut sebagai Pantai Kuta Mandalika.

Nama Mandalika sendiri diambil dari tokoh cerita rakyat setempat, yaitu Putri Mandalika. Konon, Putri Mandalika rela melompat ke laut dari bukit ini karena tidak ingin menikah dengan seorang pangeran yang telah melamarnya. Bukit Mandalika ini merupakan spot terbaik untuk menikmati pemandangan Pantai Kuta dari ketinggian.

Tak hanya menikmati keindahan saja, kamu bisa mencoba berbagai wahana yang menantang adrenalin di sini. Di antaranya adalah windsurfer, banana boat, hingga paralayang. Kalau ingin melakukan aktivitas yang cenderung santai, kamu bisa menyewa sepeda untuk menyusuri pantai. Harga sewa sepeda ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp30.000 per jamnya.

Banyak wisatawan yang menganggap kalau Pantai Kuta Lombok lebih indah daripada Pantai Kuta Bali. Wah, bikin penasaran saja, ya.  Apakah kamu tertarik menyambanginya?

Demikian rekomendasi tempat wisata terbaik di Indonesia. Kalau punya waktu untuk liburan, tempat mana, nih, yang ingin kamu kunjungi? Selain tujuh rekomendasi di atas, tentunya masih ada banyak sekali tempat wisata Indonesia yang memesona dan sangat layak untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan ketika berlibur, ya. Dan selalu jaga kebersihan di mana pun kamu berada supaya tempat-tempat menarik seperti ini tidak dicemari dengan sampah.